Cara Menghindari Virus Pada Smartphone Android

virus

Cara Menghindari Virus Pada Smartphone Android – Penggunaan smartphone dengan sistem operasi Android sudah menjadi hal yang umum pada masyarakat saat ini, khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, informasi tentang cara menghindari virus pada smartphone Android pasti menjadi hal yang banyak dicari. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang beberapa upaya yang sebaiknya Anda lakukan agar smartphone kesayangan yang biasa Anda gunakan untuk berbagai kepentingan bisa terhindar dari virus sehingga tetap memiliki kinerja yang optimal.

Cara Menghindari Virus Pada Smartphone Android 

Dilansir dari sanepo.com, Cara menghindari virus pada smartphone Android yang dimaksud antara lain :

Install aplikasi dari sumber yang terpercaya

Media yang bisa diakses untuk mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan untuk smartphone sangat banyak sekali. Namun untuk menjaga agar kita smartphone kita bisa terhindar dari virus, maka sebaiknya kita mengambil aplikasi atau menginstall apalikasi dari sumber resmi yang terpecaya seperti Amazon, Samsung Apps, dan Google Play.

Jangan menggunakan aplikasi bajakan atau mencurigakan

Jika ada sebuah aplikasi yang bisa didapatkan dengan cara membayar biaya tertentu, maka jangan pernah tergiur untuk mencoba aplikasi bajakan walaupun itu gratis, karena bisa jadi aplikasi yang ditawarkan secara gratis tersebut telah disisipkan beberapa kode yang akan membahayakan kinerja smartphone kita. Jadi, langkah yang paling baik adalah dengan menggunakan aplikasi yang resmi dan membayar sesuai yang diharuskan agar mengindari virus pada smartphone Android milik kita.

Jalankan pengaturan keamanan

Dalam setiap smartphone biasanya sudah disiapkan fitur keamanan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pastikan untuk menjalankan pengaturan keamanan tersebut sebagai cara menghindari virus pada smartphone Android yang kita miliki. Langkah yang dilakukan adalah menuju menu Setting==>Security, kemudian beri tanda centang pada pilihan Verify Apps, sehingga akan dilakukan verifikasi pada saat smartphone melakukan instalasi aplikasi.

READ  Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Google Adwords

Update OS Android yang terpasang

Untuk memberikan pelayanan purna jual kepada setiap konsumen smartphone, maka pihak penyedia menyediakan layanan update sistem yang bisa dilakukan kapan pun. Dengan melakukan update secara berkala, maka kita bisa menghindari berbagai error dan bug yang terjadi pada OS sebelumnya.

Cara untuk melakukan update sangat mudah, Anda cukup menuju ke menu Setting==>About Phone ==>System Updates. Maka ponsel akan melakukan update ke versi terbaru.

Itulah hal hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghindari virus pada smartphone Android. Semoga bemanfaat

Tulisan ini dipublikasikan di Teknologi. Tandai permalink.