TOKOH PEWAYANGAN LENGKAP DENGAN SIFATNYA YANG PALING SERING DIBAWAKAN DALANG

 

Tepat tanggal 7 November, ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional. Penetapan itu pun merujuk pada ketetapan UNESCO pada tahun 20013.

 

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO pada 7 November 2003 menetapkan wayang kulit sebagai warisan budaya tak benda.

 

Karena itu, penetapan ini perlu dikenang lantaran wayang kulit sebagai budaya Indonesia di akui di dunia internasional sebagai warisan budaya.

 

Berikut 10 tokoh pewayangan lengkap dengan sifatnya dan sering dibawakan oleh dalang:

 

1. Werkudara

 

Werkudara atau Werkodara memiliki arti gemar makan. Anggota dari pendawa 5 ini memiliki nama kecil Bima dan anak dari perkawinan Prabu Panda dan Dewi Kunti.

 

Tokoh ini seorang pandawa yang kuat, memiliki lengan yang panjang, tubuh yang tinggi dan memiliki wajah paling gagah dan sangar.

Meski demikian, tokoh yang sering membawa senjata bernama Gada itu memiliki hati yang baik tidak seperti kelihatannya.

 

2. Yudishtira

 

Tokoh Yudishtira dengan nama kecil Punta Dewa merupakan putra dari seorang Prabu Pandu dan Dewi Kunti. Yudistira adalah seorang Raja yang memerintah di Kerajaan Kuru. Ia juga paling tua diantara Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

 

Memiliki senjata tombak, Yudishtira memiliki sifat jujur, adil, taat agama, mudah memaafkan, bijaksana, tidak pernah berdusta dan tidak memiliki musuh satupun.

 

3. Batara Surya

 

Bathara surya merupakan putra dari semar (Batara Ismaya) yang bertempat tinggal di Kahyangan Ekacakra bersama kedua istrinya yang seorang bidadari kakak beradik dengan nama Dewi Ngruna dan Dewi Ngnini.

 

Bathara Surya memiliki watak welas asih, tenang dan tidak suka marah.

 

4. Batara Wisnu

 

READ  7 Tips Garden Design For Beginner

Sang hyang wisnu digambarkan sebagai seorang yang bermata jaitan, bermuka agak dongkak, berhidung mancung, bergaruda membelakang dan bersunting waderan.

 

Bathara wisnu memiliki sifat yang tegas, ikhlas, pemaaf, tanpa pamrih dan dapat memberi semua kehidupan kepada mahluknya.

 

5. Arjuna

 

Dalam sanskerta nama Arjuna berarti bercahaya. Arjuna memiliki sifat atau watak yang pendiam, sopan santu, lemah lembut, teliti, berani, cerdik dan mampu melindung yang lemah.

 

6. Nakula dan Sadewa

 

Nakula merupakan seorang Kesatria yang ahli dalam bermain pedang, sedangka Sadewa ahli dalam ilmu Astronomi. Nakula dan Sadewa memiliki watak yang sama yaitu jujur, setia, taat dan patuh terhadap orang tuanya.

 

7. Semar

 

Sifat tokoh Semar patut diterapkan di kehidupan karena memiliki sifat mengasihi sesam, rendah hati, tidak lupa diri karena kelebihan yang ada pada dirinya.

 

8. Gareng

 

Sifat Gareng tidak suka mengambil hak orang lain, berhti hati dalam melangkah, selalu mengeluarkan aura yang positif, dan selalu ceria dan gembira.

 

9. Bogong

 

Tokoh Bogong memiliki sifat yang humoris dan suka bertingkah bodoh kepada temannya, dengan sedikit agak lancang. Bagong juga merupakan tokoh yang menyenangkan, sederhana dan kagum pada kehidupan.

 

10. Petruk

 

Petruk adalah tokoh pewayangan paling beda dengan yang lain karna memiliki watak humoris, pandai berbicara, menarik perhatian, bermuka manis dan nakal.

Tulisan ini dipublikasikan di Informasi. Tandai permalink.